Berencana Tinggal Sendiri Setelah Menikah, Persiapkan Peralatan Dapur ini Ya Dears

Setelah menikah, banyak pasangan muda memilih tinggal sendiri, meskipun tidak jauh dari rumah orang tua, karena tinggal dirumah sendiri akan melatih kemandirian. Entah membeli sendiri atau menyewa, tinggal di rumah sendiri memerlukan banyak persiapan termasuk harus mempersiapkan peralatan dapur ini ya Dears.

peralatan dapur

1. Kompor dan Pendukungnya
Kompor adalah peralatan “must have” untuk setiap rumah tangga, karena fungsinya yang sangat banyak. Meski jarang pernah masak sekalipun, kompor akan berguna untuk menghangatkan makanan atau merebus air.  Belilah kompor yang kualitasnya bagus karena akan awet digunakan selama bertahun-tahun. Demikian juga alat pendukungnya seperti tabung gas dan regulatornya. Saat ini juga sudah banyak digunakan kompor listrik, tapi sebelum membeli kompor listrik, sebaiknya melihat daya yang diperlukan untuk menghidupkan kompor, pastikan listrik di rumah cukup kuat. Tidak lucu kan, kalo saat memasak kita harus mematikan sebagian besar lampu karena listriknya tidak cukup kuat.

2. Set Panci dan Wajan Anti Lengket
Sebenarnya rumah tangga baru hanya memerlukan 1 set panci yang berisi panci biasa, penggorengan, pengukus dan teko/ceret untuk merebus air. Saat ini banyak dijual set panci seperti itu dengan harga yang bervariasi. Disarankan memilih yang berbahan stainless steel karena lebih awet dan aman untuk kesehatan. Jangan tergiur membeli beragam panci dengan ukuran besar karena tidak akan sering dipakai. Kadang terpikir untuk memakainya pada saat harus masak besar atau ada pertemuan di rumah. Tetapi rumah tangga baru jarang memiliki acara-acara besar. Jika ada acara khusus, pesan saja di katering atau masak di rumah orang tua. Keuntungan lain set panci yang tidak terlalu besar adalah memudahkan penyimpanan. 
Satu buah penggorengan anti lengket bertutup juga direkomendasikan untuk dibeli. Agar lebih hemat, pilihlah yang bisa berfungsi sebagai alat penggoreng sekaligus menumis sayur.

3. Set Utensils
Set utensils untuk memasak sebaiknya dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya anda tidak suka spagheti, tidak perlu membeli set yang berfungsi untuk memasak spageti. Yang paling penting adalah alat pengaduk yang berfungsi mengaduk sayur, mengaduk sop, menggoreng, peniris gorengan dan pengaduk nasi. Sediakan 1 set yang berbahan stainless steel dan 1 set yang berbahan plastik keras. Penggunaan utensil yang tepat akan membuat peralatan masak lainnya menjadi lebih awet. Misalnya utensil plastik keras lebih pas saat menggoreng menggunakan wajan anti lengket daripada menggunakan stainless steel yang akan menyebabkan goresan pada lapisan anti lengket.

4. Set Pisau dan Talenan
Banyak bahan makanan yang harus dipotong di dapur sehingga harus tersedia pisau tajam dan talenan. Set pisau saat ini juga bayak dijual, pilihlah yang berkualitas bagus sehingga awet dan tidak mudah tumpul. Selain itu sesuaikan dengan kebiasaan masak yang akan dilakukan. Tidak perlu membeli pisau daging ukuran besar kalau hanya sesekali memasak daging. Prinsipnya adalah efisiensi biaya dan penyimpanan. Untuk talenan ada yang menyarankan dipisahkan telenan sayur dan daging / ikan dan disarankan menggunakan talenan bahan tertentu. Apapun bahannya yang penting talenan harus selalu dijaga kebersihannya karena sering tergores pisau maka rawan menjadi tempat berkembangnya bakteri.

5. Tempat Bumbu
Tempat bumbu utama yang diperlukan adalah tempat garam, gula, teh, kopi dan bumbu instan/sachet. Tempat bumbu yang disarankan berbahan kaca bening dengan tutup rapat, sehingga mudah dilihat isinya dan tidak mudah terkontaminasi air, udara dan serangga. Tempat bumbu sebaiknya ditempatkan di rak tersendiri yang tidak terlalu dekat dengan kompor karena panas akan mempengaruhi kualitas bumbu dapur. Set tempat bumbu juga banyak dijual saat ini. Bagi penggemar selai, kopi atau makanan tertentu, bekas wadahnya yang terbuat dari kaca bening rapat dapat dimanfaatkan sebagai tempat bumbu.

6. Tempat Minyak
Minyak harus disimpan di wadah tersendiri, sebaiknya disimpan di wadah plastik atau kaca yang rapat namun mudah dituang. Minyak mudah menjadi tengik jika diletakkan di udara terbuka karena proses oksidasi. Jadi setelah membeli minyak kemasan, tuang di wadah yang kedap udara. Jika dibiarkan di kemasan isi ulang, kemungkinan tumpah dan tengik menjadi lebih besar. Tempatkan wadah minyak jauh dari kompor, karena minyak goreng juga termasuk bahan yang mudah terbakar. 

7. Piring, Mangkuk, Gelas, Sendok dan Garpu 
Rumah tangga baru biasanya tidak sering menerima tamu atau menjadi tuan rumah pertemuan besar, jadi tidak perlu membeli banyak piring dan gelas. Cukup sediakan piring, mangkuk, gelas, sendok dan garpu masing-masing 1 lusin. Selain mudah dalam perawatan dan penyimpanan, jumlah peralatan yang secukupnya tidak akan membuat dapur terkesan sempit. Pilihlah piring, mangkuk dan gelas yang terbuat dari kaca sehingga awet dan aman untuk kesehatan. Untuk sendok dan garpu disarankan dari bahan stainlless steel. Usahakan menyimpan peralatan ini dalam keadaan kering dan disimpan di lemari tertutup sehingga siap dipakai sewaktu-waktu dan tidak diinjak-injak serangga.

8. Piranti Saji
Meja makan anda pasti memerlukan piranti saji ya Dears.. Saat ini banyak dijual set piranti saji yang bisa digunakan untuk wadah nasi atau roti, sayur dan lauk. Belilah yang awet dan aman kesehatan seperti dari bahan kaca atau stainless steel. Bagi rumah tangga baru, cukup membeli 1 set piranti saji atau 1 set prasmanan dengan diameter kecil yang terdiri dari 4 sampai 6 wadah. Piranti saji prasmanan sangat direkomendasikan karena tampilannya elegan, praktis dan mudah dirawat. 

9. Toples
Setiap rumah tangga di Indonesia pasti memiliki toples di rumahnya, baik untuk wadah kudapan, kerupuk atau persediaan makanan. Karena tidak banyak tamu, sebaiknya tidak membeli terlalu banyak toples. Cukup membeli satu set dengan berbagai ukuran sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan. Bahan plastik, keramik atau kaca tidak masalah yang penting dirawat dengan sebaik-baiknya. Toples yang berkualitas adalah toples yang aman untuk kesehatan, mudah dalam perawatan dan kedap udara sehingga tidak mudah terkontaminasi kuman dan serangga.

10. Blender dan chopper
Ada saat dimana sebuah rumah tangga harus membuat jus atau bumbu yang dihaluskan. Blender dan chopper sangat diperlukan meski mungkin tidak setiap hari, namun cukup sering digunakan. Beberapa orang menyampaikan bahwa bumbu uleg menggunakan ulegan batu lebih enak rasanya, namun dengan alasan kepraktisan saat ini banyak pasangan lebih memilih menggunakan chopper untuk membuat bumbu halus atau menggiling sedikit daging/ikan. 

11. Penanak nasi elektrik dan dispenser air
Memasak nasi akan lebih mudah menggunakan penanak nasi elektrik karena bisa sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Sementara penanak nasi bekerja, kita bisa memasak sayur atau menggoreng lauk diatas kompor. Penanak nasi elektrik saat ini multifungsi, bisa menanak nasi, bisa mengukus, bisa untuk bikin kue dan sebagainya. Sangat menguntungkan bagi rumah tangga baru yang ingin serba praktis. Dispenser air juga menghemat tenaga dan waktu ibu rumah tangga karena mendapatkan air dengan suhu dingin, normal dan panas sangat mudah dan praktis. 

Nah itu peralatan dapur standar yang harus tersedia saat memutuskan tinggal di rumah sendiri. Pada prinsipnya peralatan yang diperlukan adalah peralatan yang praktis, multifungsi, awet, sehat, mudah perawatan dan tidak memakan tempat dalam penyimpanan. Tidak perlu mahal dan banyak jumlahnya, tetapi yang penting sesuai dengan fungsi yang diinginkan ya Dears.

Salam,

Post a Comment

My Instagram

Copyright © Danar Rahayu's Blog. Made with by OddThemes