Teman, Ini Dia 5 Wadah Bekas Makanan yang Bisa Dimanfaatkan Lagi, Supaya Sampah di Bumi Berkurang


foto : Pexel.com

Saat ini segala hal sudah menjadi sangat praktis. Kemasan makanan yang kita beli dulu dibungkus dengan daun atau kertas minyak, sekarang menggunakan wadah plastik transparan yang cantik dan menarik. Nah saat dunia sudah semakin tua, ada baiknya kita belajar untuk memanfaatkan wadah-wadah bekas makanan sebagai wadah penyimpanan berikut ini ya..

1. Wadah kaca

Banyak makanan yang dikemas dalam wadah kaca seperti kopi, selai, kreamer, manisan dan lainnya. Setelah dikonsumsi, wadahnya pasti sayang jika dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk wadah penyimpanan Teman. Botol bekas berbahan kaca bisa dijadikan wadah bumbu dapur, menyimpan manisan atau wadah puding nan lezat.  Pertama kamu harus mencucinya hingga bersih. Untuk melepas label pada botol, rendam dengan air panas dan gosok label tersebut menggunakan penggosok panci yang berbentuk serabut atau dikerok menggunakan sendok. Jika masih ada sisa lem yang menempel, gunakan minyak kayu putih dan kapas. Apabila botol sudah bersih, keringkan dan botol siap digunakan kembali.

2. Wadah plastik tebal

Mentega, agar-agar, biskuit dan permen yang kamu beli mungkin dikemas dalam wadah plastik tebal yang tidak transparan. Warna dan bentuknya wadahnya canti-cantik karena memang digunakan untuk mengundang rasa penasaran pembeli. Setelah isinya dikonsumsi, wadahnya bisa dimanfaatkan lagi untuk wadah pernik-pernik yang kita miliki seperti peralatan kosmetik, alat jahit, bros dan juga mainan anak. Bila wadah memiliki label yang bisa dilepas, gunakan minyak kayu putih dan kapas untuk mempermudah. Jika merk makanan tercetak langsung di wadah, bisa disiasati dengan mengecat wadah menggunakan cat semprot atau melapisinya dengan kain perca. Jangan lupa untuk memberikan label isinya ya Teman, jadi kamu tidak repot membuka semua wadah untuk memcari barang yang kamu butuhkan.

3. Wadah plastik transparan

Kamu bingung dimana menyimpan uang koin? Jangan bingung lagi Teman.. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas minuman, biskuit, makanan siap saji, permen atau sosis sebagai wadah koin bahkan uang keras receh yang kadang berceceran dimana-mana. Tempatkan di tempat strategis seperti di dekat pintu masuk atau mobil. Lumayan untuk bayar parkir atau bersedekah kepada pengemis yang datang kerumah. Wadah transparan bisa juga digunakan untuk menyimpan mainan anak-anak yang berbentuk mini. Dengan wadah transparan mudah dilihat isinya, mudah dibawa dan tidak mudah pecah, anak-anak pasti akan lebih senang dalam bermain. Orang tua juga akan lebih senang karena mainan lebih terorganisir. Wadah plastik yang lebih besar dapat dimanfaatkan oleh para ibu untuk menyimpan cetakan kue atau puding dan pernik-pernik dapur yang berbentuk kecil-kecil. Sewaktu dibutuhkan tidak perlu membuka semua wadah karena sudah terlihat dari luar.

4. Wadah tetrapax

Membeli susu dalam kemasan tetrapax ukuran 1 atau 2 liter memang praktis, namun wadahnya pasti sayang jika dibuang begitu saja ya Teman. Kamu bisa memnfaatkannya untuk membuat wadah pensil dengan memotong bagian atasnya. Atau kamu manfaatkan untuk membuat celengan koin dengan melubangi bagiana seukuran koin. Sebelum digunakan sebaiknya wadah dibersihkan menggunakan cairan sabun dan ditiriskan hingga benar-benar kering. Untuk menutupi labelnya, gunakan cat semprot dan tempeli stiker/gambar yang disukai anak-anak sehingga bersemangat menabung. Jika tidak punya persediaan cat semprot, wadah bisa dilapisi kertas kado warna warni, beri tambahan hiasan boneka kecil atau bunga plastik.

5. Wadah kaleng

Saat ini biskuit banyak dikemas dalam kaleng untuk menghindari remuk selama proses distribusi. Setelah dikonsumsi kalengnya dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan tapi memakan banyak tempat jika diletakkan begitu saja di meja, seperti kosmetik, bros, steples, perpurator dan alat kantor lainnya. Kaleng bekas biskuit yang sudah dicuci dan dikeringkan dapat dipergunakan untuk wadah penyimpanan yang menarik setelah dicat semprot atau dilapisi kain. Karena tidak transparan, jangan lupa memberi label isi, sehingga mudah dalam menemukan barang yang diperlukan.

Memanfaatkan wadah bekas makanan untuk wadah penyimpanan sangat dimungkinkan ya Teman. Jadi jangan langsung membuang wadah bekas jika masih bisa dimanfaatkan sehingga kita dapat berkontribusi dalam mengurangi sampah di bumi ini. .

3 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget dengan semua packaging itu mbak! emang harusnya kita reuse terus ya yang bisa kita reuse. enggak kebayang banyak bgt udah sampah :(

    ReplyDelete

My Instagram

Copyright © Danar Rahayu's Blog. Made with by OddThemes