Harga Barang Terus Melonjak, Sikapi dengan Melakukan 6 Hal Ini Dears..




foto : pexels.com

Dapat apa kamu dengan uang seratus ribu setahun yang lalu? Coba bandingkan dengan apa yang kamu dapatkan hari ini. Rasanya hidup kita semakin berat Dears, jika pendapatan kita tetap tetapi biaya yang kita keluarkan semakin banyak. Bahkan bagi beberapa produsen, kadang biaya operasional melebihi laba yang diperoleh. Itu artinya kita mengalami penurunan daya beli Dears. Simak 6 hal ini supaya kamu cukup untuk sebulan.

Tingkatkan Pendapatan


foto : pexels.com

Mau tidak mau, kita akan menghadapi kenyataan bahwa uang yang miliki semakin tidak berharga Dears. Jika waktu SD uang seribu rupiah cukup untuk jajan sehari, sekarang uang seribu hanya cukup untuk beli permen satu biji. Ironis ya? Tapi begitulah hidup. Makanya kamu harus berpikir untuk meningkatkan pendapatan mulai saat ini. Jika kamu seorang karyawan yang bergaji tetap, lihatlah kemungkinan apakah kamu bisa bekerja lembur atau ikut mengerjakan sebuah proyek tambahan di kantor. Jika memungkinkan kamu bisa berbisnis online sehingga pekerjaanmu tidak terbengkalai. Lakukan apapun yang penting halal, sehingga pendapatan dan pengeluaranmu stabil serta dapat menabung untuk hal-hal tidak terduga.

Kurangi Pengeluaran


foto : pexels.com

Sudah tahu pendapatan tetap, tapi kamu masih belanja dan terus belanja, maunya apa sih? Segera kurangi pengeluaranmu Dears. Membeli barang yang dibutuhkan saja, bukan yang diinginkan. Karena barang yang diinginkan belum tentu kita butuhkan, kan percuma kalo akhirnya tersimpan di lemari bertahun-tahun tanpa pernah dipergunakan. Selain itu banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka mengurangi pengeluaran Dears. Misalnya berhemat listrik dengan mematikan televisi yang tidak ditonton, jangan lupa mematikan kran air yang sumbernya dari PDAM jika bak sudah penuh atau menggunakan barang bekas untuk keperluan lain jika memungkinkan.

Ubah Gaya Hidup


foto : pexels.com

Gaya hidup memang tidak jauh-jauh dari gengsi Dears. Gengsi tidak merokok, gengsi tidak minum alkohol, gengsi pakai gadget jadul, gengsi tidak nongkrong di cafe dan gengsi lainnya. Makan itu gengsi, paling-paling di akhir bulan kamu cuma nemuin air mineral dan roti basi di kulkas. Gaya hidup serba mewah itu bukan pada tempatnya jika pendapatanmu tidak bertambah berkali-kali lipat Dears. Kamu perlu tahu bahwa banyak yang harus dibayar dengan sedikit kenaikan pendapatan yang kamu terima. Alih-alih bergaya hidup mewah, tabunglah uangmu untuk keperluan masa depan.

Jual Asset Tidak Produktif


foto : pexels.com

Kamu punya asset yang tidak produktif? Jual saja daripada menambah biaya operasional. Kalo kamu punya motor dua buah, satu motor untuk keperluan sehari-hari dan satu buah motor sport yang hanya dipakai untuk kongkow dengan teman-teman sebulan sekali. Jual saja motor sport yang kamu miliki daripada harus merawatnya dan gunakan untuk modal usaha atau berinvestasi. Kalau kamu beruntung memiliki asset produktif seperti rumah warisan atau properti lain yang bisa disewakan, sewakan saja sehingga akan menambah income.

Beli Barang Tunai


foto : unsplash.com

Mulai sekarang biasakan membeli barang secara tunai. Membeli barang dengan sistim angsuran atau kredit sebenarnya merugikan karena nominal  yang kamu bayarkan dua kali lipat dari harga tunainya. Bayangkan jika membeli  sebuah barang seharga empat belas juta, dengan mengangsur beberapa tahun harganya menjadi dua puluh delapan juta! Saat angsuran selesai, barang itu hanya berharga seperempat jumlah nominal yang kamu setor. Tapi kan kita dapat keuntungan dari pemakaian? Begitu kan alasannya? Yang didapat kan gengsinya, memakai barang baru (meski ngangsur)! Memang tidak terasa berat mengangsur setiap bulan, namun sebenarnya akan lebih lega membeli barang secara tunai Dears.

Banyak Bersedekah


foto : pexels.com

 Lho bukannya bersedekah mengurangi uang dan harta kita? Faktanya ya. Namun ada keajaiban di balik itu Dears. Dalam pendapatan yang kita terima sesungguhnya ada hak orang lain, hak orang tidak mampu, hak anak yatim, hak tetangga, hak orang tua kita dan sebagainya. Banyaklah berbagi jika ingin pendapatan kita cukup untuk semua kebutuhan kita. Kebutuhan lho ya, bukan keinginan (nafsu belanja) kita! Buatlah jadwal berbagi secara rutin. Dalam agama Islam dianjurkan untuk sedekah Subuh, sedekah pada hari Jumat dan sebagainya. Sedekah terbaik itu sedekah yang banyak tapi ikhlas Dears, jadi lebih banyak menebar manfaat untuk orang yang membutuhkan. Dengan bersedekah kita sedang berbisnis dengan Sang Pencipta, yakin saja bahwa kita akan mendapatkan ganti yang berkali lipat lebih banyak dari harta yang kita sedekahkan.

Nah, sudah tahu kan cara meningkatkan daya beli kita? Asal pendapatan kita selalu naik, kebutuhan kita akan tercukupi. Maka kata kuncinya adalah kerja keras untuk mendapatkan lebih banyak uang, menahan hawa nafsu belanja, menahan keinginan tampil serba “wah”, merelakan benda kesayangan, menghindari cicilan dan terakhir harus berani berbagi kepada sesama. Selamat berbahagia meski hidup sederhana!

Post a Comment

My Instagram

Copyright © Danar Rahayu's Blog. Made with by OddThemes