Simak 6 Hal Ini Dears, Supaya Tidak Senewen Meski Punya Angsuran



foto : pexels.com

Dears, saat ini kamu angsuran yang harus dibayar setiap bulan? Bingung nggak sih mengalokasikan gaji atau penghasilanmu untuk bayar angsuran? Sebenarnya ada strategi yang harus kamu kuasai supaya angsuran setiap bulan ngga’ bikin kamu pusing tujuh keliling Dears. Yang paling penting kamu pelajari adalah melakukan perencanaan agar angsuran bisa selalu dibayar tepat pada waktunya. Bagaimana caranya, simak yuk Dears..

Investasi Produktif


foto : aturduit.com

Sebaiknya dana pinjaman dipakai untuk hal produktif yang menghasilkan pendapatan, bukan untuk keperluan konsumtif. Dana pinjaman yang dipakai untuk bisnis atau investasi akan menghasilkan perputaran uang dan laba, sehingga kamu punya penghasilan dan dapat membayar angsuran.

Alokasi Sesuai Rencana



foto : pexels.com

Kalau kamu mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan untuk sebuah rencana, segera alokasikan sesuai rencana ya. Jangan menggunakannya untuk hal lain di luar rencana. Karena jika itu terjadi, kamu tidak memiliki apapun yang kamu inginkan, uang sudah tak bersisa, tapi masih harus membayar angsuran setiap bulan. Sudah jatuh tertimpa tangga pokoknya.

Siapkan Angsuran Beberapa Bulan ke Depan


foto : pexels.com

Sisihkan sebagian dana pinjaman untuk angsuran minimal 3 bulan kedepan Dears, untuk berjaga-jaga jika bisnismu belum berkembang dari dana pinjaman itu, atau jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jika kamu mendapatkan penghasilan di luar dugaan, misalnya lembur atau insentif, cadangkan untuk membayar angsuran. Hal ini berguna saat pengeluaranmu sedang banyak, sudah ada dana untuk membayar angsuran.

Gajian Sama Dengan Bayar Utang


foto : pexels.com

Jika kamu punya penghasilan tetap dari gaji, maka tetapkan tanggal membayar angsuran adalah tanggal gajian, sehingga uang belum sempat dipakai untuk keperluan lain. Tanamkan mindset bahwa setiap tanggal gajian adalah tanggal membayar utang. Jadi jangan coba-coba untuk berfoya-foya saat angsuran belum dibayar Dears, karena kamu bakal denda atau apesnya kamu bakal didatangi Debt Collector!

Autodebet Lebih Efisien


foto : pexels.com

Buat kamu yang suka mendekati bahaya karena sering lupa bayar angsuran, mending kamu melakukan autodebet untuk semua angsuranmu Dears. Dengan begitu, kamu akan nyaman menggunakan sisa gaji atau penghasilan untuk keperluan lainnya. Komunikasikan hal itu ke lembaga keuangan atau bank tempat kamu menerima gaji dan menyimpan tabungan. Selain efektif dan efsien, cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi sifat pelupa dan boros. Alhasil, takkan ada lagi keluhan dan masalah terkait pembayaran angsuran.

Dua Rekening

foto : infoperbankan.com


Kalau kamu termasuk manusia yang lebih sering tergoda belanja atau menggunakan uang yang ada di rekeningmu, ada baiknya kamu memisahkan rekening angsuran dengan rekening pendapatan. Rekening angsuran yang tidak tercampur dengan rekening pendapatan akan mengurangi risiko habisnya uang tanpa kendali. Dengan cara ini kamu tidak akan khilaf menggunakan uang angsuran untuk hal lainnya.

Nah sudah tidak bingung lagi kan meski harus membayar angsuran? Inti sebenarnya adalah pada pengendalian diri dan perencanaan matang. Jika kamu tidak sanggup melakukan semuanya, sebaiknya kamu rajin menabung dan belilah segala sesuatu secara tunai.

Post a Comment

My Instagram

Copyright © Danar Rahayu's Blog. Made with by OddThemes