8 Minuman Penurun Kolesterol, Ternyata Mudah Didapat di Rumah Kita

foto : Pexels.com

Teman, penderita kolesterol kadang merasa kebingunan ketika kadar kolesterolnya naik. Meminum obat dari dokter setiap saat kadang membuat bosan dan khawatir dengan efeknya pada ginjal kita. Sehingga diperlukan adanya alternatif bahan makanan atau minuman alami yang akan menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang mudah didapat dan mudah disiapkan.


1. Jus Jeruk

Siapa sangka jus jeruk yang terbuat dari semua jenis jeruk dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan flavonoid, asam folat, vitamin C dan fitosterol dalam jus jeruk ternayata dapat menurunkan LDL. Namun jus jeruk sebaiknya dikonsumsi tanpa tambahan gula atau menggantikan gula dengan madu. Minumlah jus jeruk sebanyak tiga cangkir setiap hari dan sebaiknya minum jus sebelum sarapan.

2. Teh Hijau

Teh hijau yang identik dengan teh diet ternyata bagus dikonsumsi oleh penderita kolesterol loh. Teh hijau mengandung senyawa epigallocathingallate yang kadarnya lebih tinggi daripada jenis teh hitam. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang akan menurunkan kadar kolesterol dan efek baik lainnya adalah dapat melawan kanker. Penderita kolesterol sebaiknya rutin mengkonsumsi teh hijau sebanyak 2 sampai 4 cangkir sehari.

3. Teh Hitam

Selain teh hijau, teh hitam juga bagus dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Mengonsumsi teh hitam akan mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner. Minumlah teh hitam setiap pagi dan sore namun tanpa tambahan gula. Selama mengonsumsi teh hitam sebaiknya memperhatikan asupan gizi dan diet rendah lemak, makanan rendah kolesterol dan rendah gula.

4. Coklat Bubuk Hitam

Penderita kolesterol tinggi biasanya takut mengkonsumsi coklat hitam, padahal sebenarnya coklat hitam mengandung flavonoid yang akan memerangi kolesterol dan menurunkan gula darah. Fungsi senyawa flavonoid sebagai antioksidan akan mengikat LDL dan mencegah pembekuan darah dalam arteri. Konsumsi coklat hitam sebaiknya tanpa gula dan susu karena fungsinya menjadi kurang efektif.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung kadar asam yang cukup tinggi sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Namun bagi penderita maag sebaiknya mengonsumsi dalam jumlah terbatas. Kandungan flavonoidnya berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Sebaiknya dikonsumsi tanpa campuran bahan lain, yaitu dengan menambahkan 1 sendok teh sari apel dalam segelas air hangat setiap hari selama 30 sampai 40 hari.

6. Minyak Ikan Salmon

Suplemen minyak ikan salmon sangat baik untuk menurunkan kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, gangguan ingatan dan merupakan makanan sehat untuk menurunkan berat badan. Kandungan lemak omega 3 merupakan senyawa yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah. Suplemen minyak ikan salmon sebaiknya dikomsumsi setiap hari. 

7. VCO (Virgin Coconut Oil)

Virgin Coconut Oil adalah jenis minyak kelapa murni  dari kelapa. VCO yang berkualitas baik memiliki tanda aroma kelapa yang kuat, tidak berwarna dan sangat jernih. Kandungan asam laurat di dalamnya akan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan dapat mengobati bisul. Minumlah VCO 1 atau 2 sendok teh setiap pagi atau tambahkan dalam salad dan masakan.

8. Rebusan Air Ketumbar

Ketumbar merupakan bumbu dapur yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan penyerapan gula dalam tubuh sehingga menurunkan risiko diatetes. Kandungan alami dalam ketumbar bisa meningkatkan kolesterol baik dengan mengalahkan LDL berlebihan dalam tubuh. Air ketumbar dapat dikonsumsi dengan cara merebus 2 sendok makan ketumbar bersama 1 gelas air hingga mendidih. Saring dan dinginkan kemudian diminum pada pagi dan sore hari dengan menambahkan madu atau susu.

Jadi jangan panik ketika kadar kolesterolmu naik Teman, karena solusinya tidak jauh-jauh dari apa yang ada rumah kita. Dengan sedikit ketelatenan, kita dapat memanfaatkan bahan makanan yang ada dirumah sebagai minuman penurun kolesterol.

Post a Comment

My Instagram

Copyright © Danar Rahayu's Blog. Made with by OddThemes